Saturday, August 18, 2012

Kenali ABG SMA


Hai *ngesot*. Ngerasa lama banget gak ngunjungin blog sendiri. Lagi kurang bahan bikin postingan yang bermutu (ampun! udah tobat mosting gak jelas yang endingnya gak ada yang bakalan baca apalagi komen). Sempet kasian juga sama blog yang ter-TIGA-kan ini setelah hape dan seabrek tugas ospek. Tertolong dengan blogger campaign kali ini yang bikin saya tertantang untuk mosting lebih berguna lagi (maklum, blogger campaign sebelumnya gak nyambung sama tema yang diberikan). Dan tertolongnya lagi tema kali ini udah jadi pengalaman, mudah-mudahan aja nyambung dan gak bikin yang baca kecewa eheem ;)

“Kamu udah SMA, udah gede. Jadi bisa dong berpikir lebih dewasa”!


Itu salah satu dari ribuan kalimat yang dilontarkan bapak saat saya akan berangkat sekolah, pulang sekolah, pas lagi ribut sama keponakan , atau pas lagi ngambek cuman gara-gara urusan sepele. Memasuki SMA, terjadi perubahan fisik yang makin terlihat dan mental yang makin tertata. Artinya tuntutan orang tua terhadap kita juga bertambah. Orang tua menginginkan tanggung jawab dan kemandirian kita. Jadi, welcome to the senior high school.
Ya, saya udah SMA. Lebih tepatnya TELAH LULUS SMA! Otomatis saya dituntut untuk punya pikiran yang dewasa (padahal baru aja nih menginjak 17 tahun). Segala sesuatu yang saya hadapi tentunya harus dipikirkan baik-baik, jangan ceroboh dalam mengambil keputusan, jangan egois, apalagi mentingin kepentingan sendiri. Age is just second. But, Mature is a Choice. Yap, umur gak menjanjikan kita dewasa tapi kedewasaan adalah sebuah pilihan. Pilihan bijak yang pastinya juga orang bijaklah yang punya pilihan itu. Tapi gak semua ABG SMA itu dewasa. Kebanyakan yang kita liat nih ada beberapa versi;
1.     
  •   Labil

Yaampun, heran juga saya nyantumin aspek ini di nomor satu. Sekedar survey saja  ABG SMA  masih dalam tahap menuju kedewasaan. Rasa pengen tahu yang besar bikin  ABG SMA  ini mudah terpengaruh temen. Apalagi pengen ini pengen itu. Jadi jangan heran kalo hari ini pendapatnya gini, besoknya beda lagi. Contonya nih, “Ngapain sih pake baju-baju model begitu. Kurang bahan! Masi kalah sama kain serbet di rumah” eh besoknya pake baju model-kemaren-yang-dia-bilang-kalah-sama-kain-serbet-di-rumahnya.  “Ah, namanya juga lagi nyari jati diri” , itu jawaban entengnya. Emang jati diri perlu dicari? Kalo dicari bisa dong beli di pasar( biar lebih elit belinya di mall aja ya biar dikira gaul) .Jati diri itu timbul saat kita merasa ada suatu hal yang kurang atau berubah dalam diri kita. ngakunya gaul tapi gak mau digauli /eh.
Herannya lagi, remaja yang dicap labil itu sering sekali mengalami penyakit “galau”. Memang sih galau itu perlu sekali-kali tapi jangan terlalu sering apalagi curhatnya di tweet. Emang twitter punya lo? Lo aja yang bikin sub-akun gratisan dari twitter.
Frekuensi kegalauan yang dialami  ABG SMA  meningkat saat mereka mengalami fase kekecewaan dalam menjalani suatu hubungan. Misalnya aja nih, udah PDKT lama-lama eh malah gak jadian langsung deh galau. “SIAL! GUE CUMA DI PHP-IN” eh tunggu bentar, itu PHP apa mereka yang merasa dirinya di PHP-in kegeeran?. Saat di putusin pacar, dijauhin temen, dicuekin sahabat bahkan galau ketika milih kancut apa yang mau dipake besok pagi.


  •   Individualis

Tipe ini selalu ada di setiap kelas. Tipe ini gak begitu disukai penghuni kelas yang lain. Ya tempat duduknya selalu di depan, datang selalu pagi tapi gak mau ngasi contekan PR.  ABG SMA  ini termasuk orang yang pengen segala sesuatu yang dia kerjakan sendiri akan jadi yang terbaik.
Dalam tugas kelompokpun kadang jarang suka gabung sama temen atau sekedar tukar pendapat. Keuntungan tipe ini sih privasinya lebih terjaga tapi yang jadi kelemahan.. siap-siap dijauhin temen. Boleh sih individualis contohnya pas ulangan, apalagi ujian.

  •        Kelewatan narsisnya

Semua pasti tau kalo yang namanya  ABG SMA  sekarang ini demennya narsis. Entah itu pengen eksis, atau sekedar nyalurin hobi kenarsisannya. Narsis gak cuma lewat foto-foto doang, tapi bisa juga lewat update-an status facebook, kicauan di sub-akun twitter maupun postingan di blog(kalo punya). Entah dimulai darimana bakat ini muncul, tapi yang jelas pengidap kenarsisan ini fun-fun saja dan bangga terhadap kenarsisan yang dia miliki.

  • Friendly

Namanya juga friendly pasti orangnya mudah bergaul gak heran dong kalo tipe ini gampang banget dapet banyak temen. Di Sekolah aja mudah berteman sama siapa aja, apalagi di kelas. Tapi gak menutup kemungkinan tipe ini juga punya haters loh. Eh gimana bisa? Iya emang bisa. Sebagian gak suka karna menganggap tipe ini banyak temen, gampang banget berkomunikasi sama orang. Mungkin saja mereka iri

  • Anti social

Tipe ini gak di rumah, di sekolah  jarang banget terlihat lagi bareng sama temen yang lain. Maunya di kelas terus atau di kantin sendirian. Jangankan di Sekolah, di kelas aja selalu diem dan diemnya kadang gak wajar. Ngabaikan ajakan temen yang sekedar ngajak ke kantin. Orang yang baru kenal atau sekedar tau orangnya mungkin mengira ini orang individualis. Bedanya dengan tipe yang ke 2 adalah, tipe ke 2 masih mau berkomunikasi dengan orang lain tapi paham mereka yang berbeda. Sedangkan anti social jarang terlihat bergaul dengan yang lainnya.

Segitu aja beberapa tipe  ABG SMA  menurut saya. Emm ada sedikit tips nih buat yang pengen berprestasi saat SMA.

1.       Perbanyaklah teman dan jangan terlalu menutup diri. Apasih gunanya menutup diri dari orang lain? Privasi? Ya kalo masalah privasi sih, jangan dibuka.
2.       Jangan pilih-pilih temen, tapi inget juga filter dulu mana temen yang baik dan mana yang enggak. Teman yang baik juga akan menularkan kebiasan yang baik pada kita.
3.       Kenali guru, bersikap ramah, cari tau maunya, Guru killer? So what gitu loh.
4.       Ikuti organisasi di sekolah misalnya OSIS, Rohis, PMR dan organisasi lainnya. Karna dari sini kamu bisa dapetin temen yang bisa berorganisasi yang punya daya daya juang tinggi. prestasi juga banyak loh yang bisa kalian dapatkan dari ikut organisasi. Suksesnya suatu event dan ada andil kamu di dalamnya itu rasanya....kepuasan dan kebanggaan tersendiri.
5.       Ikuti juga ekskul yang paling kamu minati, karena dari situ kamu bisa mengukir prestasi.


Ayoo ABG SMA, satukan semangat bulatkan tekad dan buat INDONESIA menjadi lebih berkualitas. #Dirgahayu67Indonesia

9 comments:

  1. wahahaha sifat2 ABG SMA tu ya emang gitu semua :p nice post!


    http://mndalicious.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Wahahaha kata orang2 sih aku punya sifat yang ke-2 tuh, tapi kalau masalah contekan sih tetep gak mau kalah tuh masa yg lain nyontek aku enggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha....nyontek itu udh menjadi kebiasaan kita dalam pelajar.......udh tidak asing lagi.....hehe....cz aku mengalaminya.....salam kenald

      Delete
  3. wah, gue termasuk tipe yg mana yak?
    friendly aja kali ya :D haha

    jadi pengen balik ke masa2 sma lagi deh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya SMA ternyata menyenangkan daripada kuliah

      Delete
  4. Hahaha sebagai fresh graduate dari SMA, sepertinya kalo flash back aku juga pernah ngalamin semua itu kok :) Kata orang kan anak SMA semacam mencari jati diri. Asal ngga terlalu negatif sih ngga papa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pencarian jati diri kadang sangat dipengaruhi lingkungan. apalagi pengaruh seorang teman :)

      Delete

dont be afraid to comment here, I dont bite